Pages

Latihan Soal Sejarah Kelas 11 IPA



1.       Salah satu contoh wujud akulturasi kebudayaan  Indonesia dengan kebudayaan Hindu-Budha di bidang  seni bangunan antara lain ...
a.       candi
b.      waruga
c.       dolmen
d.      lingga
e.      yoni

2.       Diciptakannya sistem kasta dalam masyarakat Hindu sebetulnya merupakan upaya ..
a.       bangsa Arya untuk mengintegrasikan diri dengan bangsa Dravida
b.      bangsa Nubia merebut dominasi bangsa Arya atas Hindustan
c.       bangsa Dravida untuk menjaga kemurnian ras-nya
d.      bangsa Arya untuk mempertahankan kemurnian rasnya
e.      bangsa Arya dan Dravida untuk memurnikan ajaran Samsara

3.       Adanya sekelompok orang yang melarikan diri dari India karena dikalahkan dalam perebutan kekuasaan di kerajaan dan kemudian mendirikan kerajaan di Indonesia adalah teori yang menjelaskan masuknya agama Hindu, yang dikenal sebagai teori ....
a.       Arus balik
b.      waisya
c.       asimilasi
d.      brahmana
e.      ksatria

4.       Contoh dari adanya akulturasi antara agama dan kebudayaan Budha dengan kebudayaan lokal Indonesia adalah dalam seni bangunan yang ditunjukkan pada bangunan ....
a.       candi Prambanan
b.      candi Mendut
c.       candi Borobudur
d.      candi Dieng
e.      candi Jago

5.       Proses Hinduisasi melahirkan aturan pembagian kasta. Aturan kasta tersebut tidak banyak mempengaruhi tata kehidupan di daerah Indonesia di pedesaan sebab ….
a.       masyarakat di daerah pedesaan tetap hidup berdasarkan asas kekeluargaan, gotong-royong, musyawarah, dan mufakat
b.      masyarakat di daerah pedesaan hidup berdasarkan kasta
c.       masyarakat di daerah pedesaan hidup menurut pola kepribadian budaya bangsa sendiri
d.      masyarakat di pedesaan tidak terpengaruh kebudayaan Hindu-Buddha
e.      masyarakat di pedesaan memang berperan dalam masuknya budaya India

6.       Persentuhan antara India dengan wilayah Nusantara didorong oleh berbagai faktor, salah satu faktor yang paling penting adalah ....
a.       banyak suku-suku bangsa di Nusantara yang memiliki tradisi 
b.      suku-suku bangsa yang bermukim di pesisir sesungguhnya adalah perantau
c.       adanya angin musim barat dan timur yang mendorong timbulnya pelayaran
d.      timbulnya hubungan dagang antara Cina dengan India melalui jalur pelayaran
e.      timbulnya gangguan keamanan pada rute darat jalur perdagangan antara Cina dengan India

7.       Teori Hinduisasi yang menggambarkan peran aktif para pedagang dalam mengembangkan kebudayaan Hindu dan dibawa ke Indonesia, termasuk ke dalam hipotesis/teori ....
a.       Sudra
b.      Waisya
c.       Kaum Brahmana
d.      Ksatria
e.      Arus Balik

8.       Proses penyebaran Islam secara intensif mulai abad ke 15 menimbulkan perpaduan budaya, antara budaya asli dan budaya yang dibawa Islam. Salah satu contohnya dalam seni bangunan ditunjukkan dalam gambar berikut ini, yang menunjukkan menara dari mesjid .... 

a.       Jogyakarta
b.      Demak
c.       Kudus
d.      Banten
e.      Ampel

9.       Perhatikan informasi berikut!
1)      Menciptakan tarikh Jawa
2)      Menciptakan Buku Filsafat Sastra Gending
3)      Mengirim pasukan untuk menyerang VOC di Batavia  tahun 1628 dan 1629
Penguasa Mataram yang bertindak sesuai dengan informasi di atas adalah ....
a.       Sultan Agung
b.      Sultan Trenggono
c.       Sunan Amangkurat I
d.      Panembahan Senopati
e.      Sultan Hamengkubwono I

10.   Pemerintahan/Dinasti yang pernah berkuasa di Kerajaan Mataram Kuno adalah ….
a.       Isana dan Rajasa
b.      Sanjaya dan Sailendra
c.       Rajasa dan Sanjaya
d.      Sailendra dan Isyana
e.      Sanjaya dan Isyana

11.   Hal berikut merupakan alasan agama Islam mudah diterima oleh bangsa Indonesia, kecuali ....
a.       Islam bersifat universal dan dinamis
b.      Islam tidak mengenal kasta
c.       Sesuai dengan fitrah manusia
d.      sama dengan ajaran agama lain
e.      tidak adanya pemaksaan

12.   Orang Belanda pertama yang melakukan pelayaran ke Indonesia dan mendarat di Banten adalah ... 
a.       Cornelis de Houtman 
b.      Johan van Oldenbarnevelt 
c.       H.W. Daendels 
d.      J. van den Bosch 
e.      Baron van Hoevel

13.   Akibat di bidang politik dari sistem imperialisme yang diterapkan  oleh bangsa Eropa di Indonesia adalah ...
a.    kemajuan kehidupan politik kerajaan nusantara 
b.    runtuhnya sistem kerajaan 
c.     tumbuhnya sistem demokratis 
d.    memperkuat persekutuan antar kerajaan 
e.    mendorong lahirnya Indonesia yang terintegrasi

14.   Pada tahun 1888 terjadi peristiwa pemberontakan petani di Banten pimpinan  KH.Wasid, pernah dijadikan disertasi sejarah oleh Sartono Kartodirdjo. Peristiwa tersebut terkenal  dengan istilah ….
a.       Geger Banten
b.      Geger Cilegon
c.       Geger Serang
d.      Geger Cikandi
e.      Geger Pontang

15.   Yang dimaksud kolonialisme adalah ... 
a.       paham mengenai penjajah 
b.      paham alih kewargahegaraan 
c.       paham dalam perekononiian 
d.      paham pengusahaan kcmanusiaan 
e.      paham kepemilikan


16.   Kisah penderitaan petani Banten pada masa kolonial Belanda ditulis oleh Eduard Douwes Dekker dengan judul ….
a.       Max Havelaar
b.      Multatuli
c.       Kultuur Stelsel
d.      Preanger Stelsel
e.      Agrarischewet

17.   Motivasi kedatangan bangsa Eropa ke dunia Timur dapat diungkapkan melalui slogan berikut ini .... 
a.       Vini, Vidi, Vici 
b.      Liberte, Egalitee Franternite 
c.       Gold, Gospel, Glory 
d.      Kolonialisme, Impcrialisme, Monopolisme 
e.      Devide et Impera, Pak Nerlandica

18.   Di masa penjajahan bangsa-bangsa Asing di Indonesia, banyak terjadi pengerahan masa sebagai pekerja paksa sehingga menyengsarakan rakyat Indonesia. Salah satu istilah kerja paksa pada masa pendudukan Jepang di Indonesia ialah ….
a.       Rodi
b.      Romusha
c.       Geisha
d.      Jughun Ianfu
e.      Heiho

19.   Sebagai akibat merkantilisme maka muncullah kolonialisme, yang di Indonesia terjadinya ditandai dengan peristiwa ....
a.       runtuhnya kerajaan Majapahit
b.      jatuhnya Malaka ke tangan Portugis
c.       kedatangan armada Portugis di Maluku
d.      pertemuan armada Portugis dan Spanyol di Halmahera
e.      pendaratan Cornelis de Houtman di Banten

20.   Beberapa faktor bangsa Eropa melakukan pelayanan ke dunia Timur di bawah ini, kecuali …
a.       diciptakannya kompas sebagai penunjuk arah 
b.      adanya teori dari Paus bahwa bumi itu datar 
c.       maju dan berkembangnya ilmu perbintangan dan cuaca
d.      jatuhnya Constantinopel ke tangan Islam Turki 
e.      ditemukannya jalur pelayaran ke Asia oleh Vasco da Gama

21.   Salah satu penyebab berkembangnya pelabuhan Banten, Makasar, dan Aceh adalah karena adanya peristiwa ....
a.       persaingan Banten dan Pakuan Pajajaran
b.      jatuhnya Sunda Kelapa ke tangan Belanda
c.       jatuhnya Malaka ke tangan Portugis tahun 1511
d.      persaingan dagang antara Aceh dengan Malaka
e.      persaingan dagang Aceh dengan Portugis

22.   Orang Belanda pertama yang melakukan pelayaran ke Indonesia dan mendarat di Banten adalah Cornelis de Houtman, peristiwa ini terjadi pada masa pemerintahan Sultan ….
a.       Maulana Hasanuddin
b.      Maulana Yusuf
c.       Maulana Muhammad
d.      Abul Mufakhir MahmudAbdul Kadir
e.      Abul Fath Abdul Fattah

23.   Alasan kerajaan Pajajaran meminta bantuan Portugis ... 
a.       Pajajaran hendak meluaskan wilayahnya ke Demak 
b.      Pajajaran ingin menyatakan kerajaan Hindu di Nusantara
c.       Pajajaran mendapat ancaman dari Malaka
d.      Pajajaran ingin menguasai Malaka
e.      Pejajaran merasa khawatir akalau Demak menguasai Sunda Kelapa

24.   Dalam rangka mempertahankan pulau Jawa dari tangan Inggris, Herman Williem Daendels melakukan …
a.       mendirikan VOC 
b.      adanya tanam paksa 
c.       pelayaran Dewa (Hongi Toohten) 
d.      membangun jalan Anyer-Panarukan 
e.      kontingenten (kewajiban rakyat membayar pajak)

25.   Beberapa sebab kemunduran VOC di bawah ini, kecuali….
a.       adanya persaingan sesama pedagang Eropa 
b.      banyaknya pegawai VOC yang korupsi 
c.       para deviden yang memiliki saham mengalami keuntungan
d.      adanya biaya perang yang terlalu tinggi 
e.      perlunya biaya dalam meluaskan VOC

26.   Karakteristik masyarakat Banten yang berbeda dengan masyarakat Indonesia, membuat Herman William Daendels melakukan tindakan yang berbeda pula terhadap ke-Sultanan Banten, yaitu dengan cara ….
a.       Menangkap sultan Haji
b.      Menangkap sultan Ageng Tirtayasa
c.       Menangkap sultan Hasanuddin
d.      Menghancurkan pelabuhan Banten
e.      Menghancurkan keraton Surosowan

27.   Perlawanan rakyat Banten terhadap Belanda semakin meningkat pada tahun 1651, di bawah pimpinan ….
a.       Hasanuddin
b.      Sultan Ageng Tirtayasa
c.       Sultan Agung
d.      Sultan Hairun
e.      Sultan Iskandar Muda

28.   Ditetapkannya kebijakan sistem tanam paksa sebagai gagasan dari Johanes van den Bosch dan secara umum diterapkan di Pulau Jawa dilatarbelakangi oleh berikut di bawah ini, kecuali ....
a.       pemisahan diri dari Belgia tahun 1830
b.      peperangan melawan Diponegoro
c.       tersendatnya pelaksanaan sistem pajak tanah
d.      sistem perdagangan yang tidak berjalan sepenuhnya
e.      beban hutang yang ditinggalkan VOC

29.   Di bawah ini beberapa hal yang dianggap positif dari tindakan Rafles ketika berkuasa di Pulau Jawa dan sekitarnya, kecuali ....
a.       dihapuskannya perbudakan
b.      menghapus pelayanan Hongi
c.       dihapuskannya pembayaran pajak hasil bumi
d.      melaksanakan Landrete Stelsel
e.      menghapuskan sewa tanah

30.   Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan sistem tanam paksa dan politik ekonomi liberal bagi rakyat Indonesia ....
a.         rakyat pribumi mengenal ekonomi uang dan berperan serta dalam proses ekonomi dan industrialisasi
b.         timbulnya golongan baru dalam masyarakat berdasarkan spesialisasi dan diferensiasi dalam bidang ekonomi
c.          merosotnya tingkat kesejahteraan rakyat dan menguatnya struktur masyarakat yang feodalistis
d.         eksploitasi ekonomi secara besar-besaran telah melemahkan sendi ekonomi, sosial dan budaya masyarakat
e.         munculnya kelompok baru yang bersifat lebih intelek dalam masyarakat


31.   Kebijakan politik etis melalui edukasi menimbulkan berbagai dampak bagi masyarakat pribumi. Dampak yang paling penting ialah ....
a.       menggerakkan desentralisasi pemerintahan
b.      munculnya golongan terpelajar dalam masyarakat pribumi
c.       penghapusan stratifikasi sosial dalam masyarakat
d.      mempercepat program industrialisasi di Pulau Jawa
e.      tersedianya pegawai pribumi yang terdidik guna keperluan pemerintahan colonial

32.   Salah satu bukti pernah dilaksanakannya Trilogi Van Deventer di daerah Banten dalam bidang irigasi dan masih ada hingga sekarang adalah ….
a.       Waduk Tasikardi
b.      Waduk Jatiluhur
c.       Daerah Tirtayasa
d.      Bendungan Pamarayan
e.      Bendungan situ Gintung

33.   Ketaatan dan kesetiaan seseorang yang harus diserahkan kepada bangsa dan negaranya merupakan pengertian dari ....
a.       demokrasi
b.      kapitalisme
c.       nasionalisme
d.      sosialisme
e.      liberalism

34.   Perhatikan informasi berikut!
1)      Kemenangan Jepang atas Rusia
2)      Lahirnya Cerdik Cendekiawan
3)      Gerakan Turki Muda
4)      Adanya penderitaan akibat penjajahan
Berdasarkan informasi di atas yang termasuk pengaruh intern (faktor dari dalam) bangkitnya nasionalisme Indonesia adalah nomor ....
a.       1 dan 2
b.      2 dan 4
c.       3 dan 4
d.      1,2 dan 3
e.      1,2,dan 4

35.   Kesadaran kebangkitan Indonesia dalam masa pergerakan nasional sangat jelas terlihat pada ….
a.       Partai Nasional Indonesia
b.      Sumpah Pemuda
c.       Perhimpunan Indonesia
d.      Gabungan Politik Indonesia
e.      Kongres Pemuda

36.   Budi Utomo disebut sebagai organisasi pelopor Pergerakan Nasional, karena ....
a.         Corak perjuangannya terorganisir dan sistematis
b.         Kesadaran nasional tokoh-tokohnya sangat tinggi
c.          Bersifat kompromi dengan kaum penjajah
d.         Organisasinya didirikan oleh kaum terpelajar
e.         Jasanya besar terhadap kemajuan politik Indonesia

37.   Salah satu bentuk mulai lunturnya nilai-nilai Sumpah Pemuda pada saat ini adalah ….
a.       pergaulan bebas dikalangan pemuda
b.      terjadinya tawuran dikalangan pelajar
c.       munculnya tindak kriminal  
d.      adanya demo kaum buruh
e.      penggunaan bahasa gaul dikalangan pemuda

38.   Dalam perjuangannya berbagai organisasi pergerakan nasional menempuh caranya sendiri sehingga bersifat moderat atau radikal. Semboyan Indie voor Indiers menjadikannya organisasi yang bersifat nasionalisme radikal dan diwaspadai oleh pemerintah kolonial. Organisasi tersebut adalah ...
a.       Indische Partij
b.      Tri Koro Darmo
c.       Sarekat Islam
d.      Jong Java
e.      Partai Nasional Indonesia

39.   Gambar yang ditunjukkan dalam soal ini menunjukkan foto tokoh dari salah satu organisasi pergerakan nasional yang dianggap penting dalam sejarah Indonesia. Tokoh yang duduk di bagian tengah adalah ....
a.       Tjipto Mangunkusumo
b.      E.F.E Douwes Dekker
c.       Suwardi Surjaningrat
d.      Iwa Kusumasumantri
e.      Mohammad Hatta

40.   Perubahan sikap menjadi nonkooperasi dan bercita-cita memperjuangkan kemerdekaan Indonesia melalui pergerakan nasional diilhami dan dipengaruhi oleh manifesto (pernyataan) yang dikeluarkan pada tahun 1925 ....
a.         Taman Siswa
b.         Indische Partij
c.          Partai Indonesia Raya
d.         Perhimpunan Indonesia
e.         Partai Nasional Indonesia

41.   Keputusan Kongres Pemuda II yang diambil pada bulan Oktober 1928 bersifat penting oleh karena ....
a.       gerakan pemuda bersifat radikal dan revolusioner
b.      kaum pemuda menjadi pelopor dalam pergerakan nasional
c.       menghapuskan organisasi pemuda yang bersifat kedaerahan
d.      munculnya kesadaran bersatu yang dipelopori kaum pemuda
e.      melebur semua perbedaan untuk mencapai Indonesia merdeka

42.   Keberadaan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Indonesia sudah ada sejak masa kolonial, yang lebih dikenal sebagai ….
a.       Volksraad
b.      Vaderlandse Club
c.       STOVIA
d.      Inlanderse Club
e.      Parliement

43.   Pidato pembelaan Bung Karno yang menghebohkan pemerintah kolonial Belanda di Indonesia, lebih dikenal dengan istilah ….
a.       Penemuan revolusi kembali
b.      Penemuan Dunia baru
c.       Indonesia menggugat
d.      Indonesia Raya
e.      Andaikan aku seorang Belanda

44.   Perluasan aktivitas ekonomi pemerintah kolonial dengan tujuan meningkatkan pendapatan negara induk ditandai dengan kebijakan ....
a.       politik etis
b.      politik ekonomi liberal
c.       cultur stelsel
d.      landreform tanah
e.      penyerahan wajib dan rodi

45.   Perubahan sistem perekonomian di negeri induk terjadi pada tahun 1850 yang ditandai dengan liberalisasi ekonomi. Perubahan ini dipengaruhi oleh meluasnya liberalisme yang diinspirasikan oleh ….
a.       pembulatan kekuasaan Inggeris di India
b.      pembentukan Republik Perancis menggantikan sistem monarki dinasti Bourbon
c.       penemuan-penemuan teknologi dan industri di Inggeris
d.      pembukaan Terusan Suez oleh Ferdinand de Lesseps
e.      revolusi Prancis dan revolusi industri


46.   Di bawah ini yang bukan merupakan organisasi pergerakan di bidang politik yang menggunakan strategi perjuangan radikal non kooperatif ....
a.       Partai Nasional Indonesia
b.      Partai Komunis Indonesia
c.       Perhimpunan Indonesia
d.      Partai Indonesia Raya
e.      Indische Partai

47.   Lembaga pendidikan yang mengajarkan Nasionalisme pada masa Pergerakan adalah ....
a.       Taman Istri
b.      Muhammaddiyah
c.       Adhi Dharma
d.      Keutamaan Istri
e.      Taman Siswa

48.   Dampak pendudukan Jepang atas Indonesia, terutama  bagi organisasi Pergerakan Nasional Indonesia, yaitu ... 
a.       semakin longgarnya aktivitas organisasi pergerakan
b.      menambah tebalnya semangat anti Belanda 
c.       pembubaran semua organisasi Pergerakan Nasional
d.      menghapus organisasi Pergerakan Islam 
e.      mcmbubarkan organisasi yang bercorak komunis

49.   Bentuk perlawanan tentara PETA di Banten adalah terjadi di daerah Tangerang Selatan yang dipimpin oleh Mayor Daan Mogot, peristiwa tersebut lebih dikenal sebagai ….
a.       Peristiwa Lengkong
b.      Geger Serpong
c.       Peristiwa situ Gintung
d.      Geger Benteng
e.      Tragedi Cipondoh

50.   Salah satu faktor Penyebab perlawanan K.H. Zaenal Mustofa dari Singaparna tahun 1944 terhadap Jepang dikarenakan tindakan yang sangat menyakitkan bangsa Indonesia adalah ....
a.       rakyat melakukan upacara seikerei
b.      menyerahkan seluruh harta benda rakyat ke koperasi
c.       melakukan ibadah menurut kepercayaan asli bangsa Jepang
d.      berbahasa dan menggunakan tulisan Jepang
e.      wajib melakukan kerja paksa dan Romusha

51.   Secara kronologis (berurut) peristiwa-peristiwa penting sekitar proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah ....
a.         terbentuknya BPUPKI → pembentukan PPKI → perumusan teks proklamasi → peristiwa Rengasdengklok.
b.         kekalahan Jepang → kemenangan sekutu             lahirnya gerakan Pemuda revolusioner
c.          Pergantian BPUPKI menjadi PPKI → pemanggilan Ir. Soekarno - Hatta ke Saigon → peristiwa Rengasdengklok → perumusan teks proklamasi.
d.         d.  Peristiwa Rengasdengklok →     pengangkatan ketua PPKI → pembentukan KNIP
e.         pembentukan BPUPKI → pembentukan PPKI →pembentukan PETA

52.   Dampak positif pelaksanaan politik Etis yang mendorong lahirnya pergerakan nasional adalah bidang …
a.       irigasi
b.      edukasi
c.       administrasi
d.      transmigrasi 
e.      emansipasi

53.   Poiitik Etis telah membawa kemajuan dalam bidang pendidikan mendorong tumbuhnya pergerakan nasional adalah gagasan dari ... 
a.       Van de Venter 
b.      Baron van Hoevel 
c.       Edwar Dowes Decker 
d.      Johan van Oldenbarnevelt 
e.      Bronsh

54.   Pada saat Jepang pertama kali masuk Ke Indonesia banyak melakukan pengerahan massa melalui berbagai organisasi. Salah satunya Gerakan 3-A yang dipimpin oleh ….
a.       Ir. Sukarno
b.      Drs. Mochammad Hatta
c.       Amir Syarifuddin
d.      Mr. Syamsudin
e.      K.H. Mas Mansyur

55.   Motif utama yang mendasari pendudukan militer Jepang atas Indonesia adalah berupa ....
a.       membentuk persemakmuran Asia Timur Raya yang dipimpin Jepang
b.      membebaskan bangsa-bangsa Asia dari imperialisme Barat
c.       sikap superior karena asal usul dan hak istimewa Jepang
d.      kebutuhan bahan baku bagi industri Jepang
e.      perlunya ruangan hidup yang lebih luas

56.   Dalam rangka menegakkan kekuasaannya di Indonesia, pemerintah pendudukan Jepang mengeluarkan berbagai kebijakan. Salah satu kebijakan yang dikeluarkan di bidang politik adalah ....
a.       mewajibkan penggunaan bahasa Jepang
b.      melarang penerbitan pers yang menggunakan bahasa Indonesia
c.       menangkap para pemimpin pergerakan nasional dan menjatuhkan vonis diasingkan
d.      melarang keberadaan organisasi yang tidak sehaluan dengan Jepang
e.      membentuk pemerintahan militer di daerah-daerah di bawah komando angkatan darat

57.   Berikut di bawah ini merupakan sisi positif dari pendudukan militer Jepang di Indonesia, kecuali ...
a.       pengerahan tenaga manusia yang berlebihan
b.      meluasnya penggunaan bahasa Indonesia
c.       menebalnya rasa patriotisme rakyat
d.      terbukanya isolasi daerah pedesaan
e.      keikutsertaan dalam pemerintahan

58.   Jepang bersikap longgar terhadap umat Islam Indonesia, sebab ....
a.       masyarakat Islam Indonesia bersikap antibarat
b.      agama Islam dipandang sejalan dengan ajaran Shintoisme
c.       mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam
d.      agama Islam dianut oleh seluruh bangsa Indonesia
e.      Jepang tertarik dengan agama Islam

59.   UUD 1945 disahkan menjadi konstitusi Indonesia pada awal kemerdekan Negara ini, dilakukan oleh lembaga ....
a.       Volskraad
b.      Jawa hokokai
c.       Cou Sangi In
d.      Dokuritsu Jumbi Inkai
e.      Dokuritsu Jumbi Coosakai

60.   Lagu Indonesia Raya karangan WR. Supratman, pertama kali dikumandangkan pada tanggal….
a.       20 Mei 1908
b.      2 Mei 1928
c.       28 Oktober 1928
d.      17 Agustus 1945
e.      Setiap hari Senin

4 komentar:

Assalamualaikum
Pak mau nanya, soal buat remedial sejarah kelas 11 ipa yang ini bukan?